20 June 2007

IMAN YANG HIDUP

Sebagai orang Kristen kita harus punya iman. Karena dengan iman kita mendapat keselamatan. Firman Tuhan menyatakan segala sesuatu mungkin terjadi bila kita punya iman. Bila kita berdoa kita harus percaya bahwa Tuhan sanggup menjawab doa-doa kita. Tapi masalahnya berapa sering kita mengimani sesuatu namun iman itu tidak pernah terwujud. Beberapa alasan kemudian dikemukan, seperti :

  • Kamu kurang memiliki iman
  • Kamu tidak sabar menunggu waktunya Tuhan
  • Apa yang kamu minta tidak sesuai dengan rencana Tuhan
  • Dll

Mungkin alasan-alasan itu ada benarnya tapi ada satu alasan lagi yang jarang kita dengar yaitu kita tidak melakukan tindakan iman.

  • Yak 2 : 20b bahwa iman tanpa perbuatan adalah iman yang kosong.
  • Yak 2 : 17 Demikian juga halnya dengan iman : Jika iman itu tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada hakekatnya adalah mati.
  • Yak 2 : 22 Kamu lihat, bahwa iman bekerjasama dengan perbuatan-perbuatan dan oleh perbuatan-perbuatan itu iman menjadi sempuran.

Tindakan iman adalah tindakan yang kita lakukan karena kita mengimani sesuatu pasti akan terjadi. Kita tidak tahu kapan tepatnya apa yang kita imani itu terjadi tapi kita percaya bahwa apa yang kita imani pasti akan terjadi.

Kita akan pelajari perikop yang terdapat dalam Matius 25 : 1 – 13 tentang sepuluh anak gadis yang menantikan kedatangan mempelai laki-laki. Kita akan pelajari apa saja kesamaan sepuluh anak gadis ini. Dalam perikop sepuluh gadis ini dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama disebut kelompok gadis bodoh dan kelompok kedua disebut kelompok gadis bijaksana.

Kedua kelompok gadis ini sama-sama mengalami :

  • Menantikan kedatangan mempelai laki-laki
  • Masing-masing membawa sebuah pelita
  • Mereka ketiduran

Perbedaan dari kedua kelompok ini adalah gadis bodoh tidak membawa minyak cadangan sedangkan gadis bijaksana membawa minyak cadangan.

Hanya ada satu perbedaan diantara dua kelompok ini tapi perbedaan itu membuat hasil akhirnya berbeda. Kelompok gadis bijaksana turut masuk dalam ruang pesta dan kelompok gadis bodoh ditolak masuk dalam ruang pesta padahal mereka telah sama-sama menunggu kedatangan sang mempelai.

Apa arti yang didapat dari membawa minyak cadangan sehingga membuat hasil akhirnya bertolak belakang ? minyak cadangan berbicara tentang persiapan yang matang. Persiapan yang matang adalah sebuah tindakan iman. Kelompok gadis bijaksana tidak hanya memiliki iman bahwa sang mempelai akan datang tapi mereka juga melakukan tindakan iman, hal itu yang membuat mereka mendapat apa yang mereka imani yaitu turut masuk dalam ruang pesta bersama mempelai laki-laki.

Hal yang sama sering kita alami dalam kehidupan kita, kita mengimani banyak hal tetapi kita hanya mendapatkan sedikit dari yang kita imani karena kita tidak melakukan tindakan iman.

Bila anda mengimani sesuatu pikirkan tindakan iman apa yang harus kita tambahkan sebagai wujud dari iman kita.

Bila kita mengimani akan naik gaji lakukan tindakan iman dengan bekerja lebih pintar, saat ini tidak cukup hanya bekerja keras tapi harus ditambah dengan bekerja pintar. Banyak orang yang seumur hidupnya bekerja keras tapi keadaan ekonominya biasa-biasa saja. Banyak orang kaya di dunia ini yang usianya dibawah 40 tahun karena mereka bekerja dengan pintar. Anda dapat belajar apa saja untuk membuat diri anda memiliki nilai lebih dari rekan-rekan yang lain sehingga akhir tahun nanti anda mendapat kenaikan gaji yang lebih dari rekan yang lain.

Ada seorang gadis asal Jombang, dia hanya tamatan SMA. Dia bekerja menjadi SPG di sebuah toko yang menjual peralatan olah raga. Gadis ini ikut kursus bahasa Inggris diluar jam kerjanya. Menurut anda apa tanggapan rekan-rekannya ? menurut saya lebih banyak yang mencela apa yang dilakukannya sekalipun mereka tahu kursus bahasa Inggris itu baik dan hanya sedikit atau bahkan tidak ada yang mendukungnya sama sekali. Gadis ini kemudian mulai bisa melayani orang-orang asing yang datang ke toko tempat dia bekerja. Sang menejer toko tentu senang. Kemudian gadis ini mulai belajar bermain golf karena toko tempatnya bekerja menjual peralatan golf. Menurut saya, kali inipun rekan-rekannya akan mencemooh juga. Suatu kita sang menejer toko peralatan olah raga ini dikeluarkan karena gajinya sudah terlalu tinggi. Menurut anda siapa yang menggantikan menjadi menejer di toko peralatan olah raga tersebut ? benar, gadis desa yang tamatan SMA itu. Gadis ini dinominasikan sebagai 10 marketing muda terbaik tingkat nasional, usianya baru 25 tahun dan gadis itu ada di Surabaya.

Sekalipun cuma tamatan SMA dan bekerja sebagai SPG tapi gadis ini punya nilai tambah dalam hidupnya karena dia mau melakukan apa yang orang lain tidak biasa lakukan. Apa nilai tambah yang anda miliki sehingga anda dapat naik gaji tahun depan ? kalau untuk naik gaji anda harus kursus komputer terlebih dahulu, mana yang lebih mudah anda lakukan kursus komputer atau atau berdoa puasa ?

Saya percaya pada mujijat, saya percaya pada kuasa doa tapi ada tindakan iman yang harus kita tambahkan karena Tuhan tidak pernah memberi berkat dalam genggaman telapak tangan kita tapi Tuhan meletakkan berkat itu pada jangkauan tangan kita. Artinya, berkat sudah tersedia tapi harus ada usaha untuk memperoleh berkat yang Tuhan sudah sediakan.

Bila anda buka suatu usaha dan usaha tersebut sedang sepi. Anda berdoa minta Tuhan memberkati usaha saudara, itu baik tapi jangan lupa untuk menambahkan tindakan iman dengan cara melakukan efisiensi dalam hal waktu, bahan, tenaga dan uang. Bandingkan dengan usaha lain yang sejenis, apakah harga kita sudah kompetitif ? kalau belum segera perbaiki. Bagaimana dengan mutu barang yang kita jual ? apakah sudah sesuai dengan harganya ? bagaimana dengan pelayanan kita kepada pelanggan ? apa yang dapat kita lakukan yang tidak dilakukan oleh usaha lain yang sejenis sehingga pembeli lebih memilih membeli dari toko anda daripada dari toko lain. Pikirkan hal-hal yang dapat membuat usaha anda kembali ramai.

Apapun yang sedang anda pergumulkan, doakan dan imani, tambahkan tindakan iman di dalamnya.

Saya akan cerita satu kisah lagi. Ini kisah nyata tapi saya lupa tempat kejadian dan nama hamba Tuhan yang melayani. Ceritanya seperti ini : ada suatu daerah pertanian yang mengalami kemarau panjang, semua tanaman di daerah itu hampir mati. Kemudian pemerintah kota mengumumkan akan diadakan doa bersama di lapangan, lalu diundanglah seorang hamba Tuhan untuk memimpin acara tersebut. Pada waktu yang telah ditentukan seluruh penduduk daerah itu berkumpul dan seorang hamba Tuhan mulai memimpin doa bersama. Ditengah acara, hamba Tuhan ini bertanya, siapa diantara yang hadir membawa payung ? setelah ditunggu sekian lama ternyata hanya ada seorang nenek saja yang membawa payung. Lalu hamba Tuhan ini bertanya kepada pemerintah daerah tersebut, untuk apa acara ini di gelar ? Lalu pemerintah daerah menjawab, “ Berdoa kepada Tuhan supaya di daerah ini turun hujan.” Kemudian sang hamba Tuhan itu menjawab, “ Tapi dari sekian banyak yang datang menhadiri acara doa bersama ini saya hanya menemukan satu orang nenek saja yang punya iman bahwa Tuhan mampu menjawab doa kita.” Semua terdiam. Acara dilanjutkan dengan sikap hati yang berbeda dan sebelum acara selesai bunyi guruh terdengar dan hujan lebat membasahi seluruh daerah itu.

Tuhan selalu melakukan apa yang menjadi bagian-Nya tapi kita seringkali tidak melakukan apa yang menjadi bagian kita.

Usahakan membaca satu buku setiap bulannya. Buku dapat menambah wawasan kita. Buku ditulis oleh seorang yang pakar dalam suatu hal. Untuk menjadi pakar orang harus belajar selama bertahun-tahun, melakukan penelitian berulang kali yang memerlukan biaya besar, mungkin sampai ratusan juta. Lalu orang ini menuangkan apa yang dia ketahui dalam sebuah buku yang dijual dengan harga Rp 30 ribu. Bila kita membeli dan membaca buku ini maka kita telah menghemat waktu puluhan tahun untuk mengetahui tentang suatu hal dan kita juga menghemat ratusan juta untuk melakukan penelitian. Kita bisa belajar dari pengalaman dan kepintaran orang lain dengan membaca buku yang ditulisnya. Hadiri seminar-seminar, jangan habiskan waktu dengan nonton telenovela, anda tidak menjadi pintar karenanya.

Bila anda pintar, kepintaran itu anda sendiri yang menikmati bukan orang lain. Mari ubah cara pandang kita. Tuhan beri kita hikmat mari kita gunakan sebaik-baiknya. Anda diberi Tuhan talenta gunakan talentan itu semaksimal mungkin. Jangan mau kalah dengan orang dunia. Orang dunia hanya mengandalakan kepandainnya sendiri tapi kita bekerja dengan disertai Tuhan maka hasil yang kita dapat harus lebih baik dari hasil yang mereka dapat.

Bila orang dunia bisa bernyanyi dengan baik kita harus bisa bernyanyi dengan lebih baik lagi karena kita bernyanyi untuk menyukakan hari Tuhan. Orang dunia bisa menerbitkan buku-buku best seller kita juga bisa melakukan dengan lebih baik karena kita memiliki sebuah buku yang sempurna yaitu Alkitab. Di dalamnya terdapat segala hal baik yang telah terjadi, sedang terjadi dan akan terjadi. Kita bisa menulis buku tentang bagaimana menjadi pemimpin yang sejati, sumbernya kita ambil dari prinsip-prinsip firman Tuhan tentang kepemimpinan, penggembalaan, dll.

Mulai hari ini, mari kita tambahakan tindakan iman dalam hidup kita. Tidak hanya berdoa dan punya iman Tuhan mampu menjawab doa-doa kita. Mari kita tingkatkan nilai tambah dalam hidup kita sehingga nama Tuhan dapat dimuliakan melalui kehidupan kita sehari-hari.

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home